Selasa, 01 Mei 2018

SUYODHANA KALAH TARUNG BAGIAN 1

Denmas Priyadi Blog
Selasa, 01 Mei 2018 - 18:50 WIB

Suyudana vs Bima Tarung Gada
“KAKAWIN BHARATAYUDA PUPUH XLVIII( 1 – 14 )”
Pustaka :
Prof. Dr. R.M. Sutjipto Wirjosuparto
Kakawin Bharata-Yuddha, Bhratara – Jakarta 1968
 

IPSI
TERJEMAHAN BEBAS
1
Ngkâ harsha Bhima rumase pitutur sang antên.
Nâhan matangnira matanggal amet upâya.
Tan jrih ddinanndda wânêngên edran osyan.
Kêdwa kacidrani musuhnira lot ininte.
1
Bhima memahami isyarat yang diberikan oleh adiknya. Maka ia mulai mencari kesempatan agar bisa memukul tubuh Suyodhana bagian  bawah terutama paha. Sementara Suyodhana terus menyerang Bhima dari sisi kiri dan kanan, tapi Bhima mampu menghindarinya bahkan balik menyerang Suyodhana. Ia telah bertekad jika mendapat kesempatan ia akan membunuh Suyodana dengan muslihat memukul bagian paha Suyodhana.

2
Kepwan Suyodhana tinût pinêddêk linakwan.
Gênjjor angelan amupuh kumêtê kalêswan.
Mahyun lumumpata masujwa muwah mareng doh.

2
Menghadapi desakkan dan hantaman yang terus menerus dari Bhima, Suyodhana kewalahan. Meskipun Suyodhana  sudah merasa lelah akan tetapi ia  tak mau memperlihatkan rasa kelelahannya. Ia pun melompat ke belakang mengambil ancang-ancang untuk menyerang Bhima. Namun saat ia melompat, dengan seketika Bhima menghantam paha Suyodhana dengan keras hingga hancur berikut tulang pahanya.

3
Ҫighrân tibâ kadi Himâdri rubuh gumêntêr.
Sumyuk tikang rudhira lot umili tan ampet.
Sang Bhimasena sira kâtara sâhasâangdhik.
Krodhângdêdêl makutta sang kaparâjayeng prang.

3
Seketika itu juga robohlah Suyodhana. Dari pahanya mengucur darah segar yang tiada henti-hentinya. Dengan geram ditambah perasaan dendam yang lama terpendam, Bhima mendepak makuta Suyodhana yang telah dikalahkannya di dalam pertarungan gada itu seraya berkata,
 

  4
Dhik hâh Suyodhana hiddêta gawemu pâpa.
Yeki walêsku ri lêkasmu n amancâsring.
Patyangka sâdhyamu n wêh lêpaseng alas göng.
Ndah bhukti teku phalaning makire kadushttan.
4
“bah, kamu Suyodhana... rasakanlah buah dari hasil kelakuanmu yang rendah yang acapkali menipu. Kamu menginginkan aku mati di saat aku menjalani hukuman pengasingan berada di hutan-hutan yang lebat. Rasakanlah ini...buah perbuatanmu yang amat tercela dan busuk itu !”

5
Nâ lingnirânguman-uman tan arên manampyal.
Tan pânguwâkên i gêlung sang arês jinambak.
Harshân watêk rêshiganeng gaganâsrang ahyâ.
Tan pântarâjaya-jayâmahi pushpawarsha.
5
Demikian serapah Bhima kepada Suyodhana. Ia masih pukuli Suyodhana yang sudah tak berdaya itu. Rupanya Perasaan dendam Bhima terhadap Suyodana begitu besar hingga ia masih mencekal keras kondeh Suyodhana dengan kerasnya. Sementara bunga-bunga menghiasi angkasa yang ditebarkan oleh para resi dan dewa-dewi yang bersorak-sorai menyambut kemenangan Bhima.

6
Anghing narendra Baladewa sirârddha hewa.
Tan tût ri buddhi wara Bhima n adharmmayuddha.
Ndâ tan padon hiddêpiran hana sâkshibhûta.
Yan kewalâ humênêngeng alagâpacâra.
6
Hanya raja Baladewa yang nampak tak suka. Ia tidak menyukai kemenangan Bhima karena dilakukan dengan curang melanggar tata aturan perang. Ia merasa kehadirannya sebagai saksi pertarungan gada antara Bhima dan Suyodana itu tidak artinya sama sekali.

7
Têkwan serâwêlasi de nrêpa Hâstinendra.
Yan syuh pupûnira tikêl têkaping gadâstra.
Towin laneman-uman dinêdêl rinênggut.
Sangsâra kengêl amangun ngrêsi nâlaning twas.

7
Baladewa menaruh belas kasihan kepada raja Kurupati, karena pahanya telah dibuat patah dan hancur luluh lantak. Ditambah lagi dengan sumpah serapah Bhima yang dibarengi dengan menendang dan menjambak rambut suyudhana dengan tak ada rasa belas kasihan sama sekali.
8
Yângde wuyungnira n anantwa ri Bhimasena.
Ai sang Wrêkodara nade pwa lêkasta mangko.
Ndin wirâsana sakâma-kama.
Wehênta yâmupuha yâwat i sor i nâbhi.

8
Perlakuan Bhima kepada Suyodhana  yang tak mengindahkan aturan perang telah membuat hati Baladewa menjadi panas. Ia pun sesorah kepada Bhima: “Hai Bhima yang perutnya bagai serigala, baguskah yang kau perbuat itu?” Kitab Çasana manakah yang menjadi acuanmu dalam peperangan menggunakan gada itu? Sehingga kau dengan seenaknya memukul lawanmu di bawah pusar ?”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar