Blog Ki Slamet 42: Kita Semua Wayang
Sabtu, 21 Desember 2019 - 04.47 WIB
“KAKAWIN
BHARATAYUDA PUPUH LII (5–8)”
Prof.Dr.R.M.Sutjipto
Wirjo Suparto
|
|||
TRANSKRIPSI
|
TERJEMAHAN BEBAS
|
||
5
|
Tan dwâsing musuh
anggakârarinurahanira
rinarah ikang parângmuka.
Syuh bhrashttâng
kalanâlilang kadi ri kâna rinadinirâng
durâtmaka.
Salwâning Yawabhûmi
nora wani langghana sahanani çeshaning pêjah.
Singgih tan hana nûsa
çakti wênang anglawan ri sira Wishnnu nginnddarat.
|
5
|
Setiap musuh yang
menentang raja Jayabhaya, terutama para penjahat dan musuh-musuh kerajaan
dibinasakan dan hancurkan sehingga negeri bersih dan aman dari para penjahat.
Sehingga di seluruh pulau Jawa tidak ada satu pun yang berani melawan
Jayabhaya. Karena dia tiada lain adalah penjelmaan Dewa Wisnu di dunia ini.
|
6
|
Têkwan sâtmya lawan
bhattâra tuhaning bala n angawaki guntur adbhuta.
Towin pringga jurangnirengingêt-ingêt mapingit arusit ewêh ungsirên.
Yan kaywân alasekihên
rahabi kirtinira mapa ng aron alung langö.
Apênêd nirmmala ring
manis kidungirân kawiwara saphalân patirthana.
|
6
|
Raja Jayabaya jiwanya
telah menyatu dengan Tuhan. Para panglimanya
bersuara seperti guntur yang menakutkan. Daerah wilayah kekuasaannya
berjurang sukar untuk dilalui karena amat curam, terjal dan menakutkan. Nama
Jayabaya begitu harum karena ia selalu melindungi rakyatnya maupun kepada
hutan rimba yang indah sehingga pantas dikunjungi.
|
7
|
Rekan râmya muwah
krêta ng bhuwana mantêra ikang ujar anênggah atpada.
Anghing dharmma
ginoshtti nora winuwus maling i watamateki yan silib.
Sab-sab muksha dumeh
kunêng pwa ng amêwêh gring unênging amêgat sih anglare.
Akweh wwang tinêwêk
ndan ing liring arûm hana hinabêti lungsuring gêlang.
|
7
|
Kepemimpinan Raja
Jayabaya membuat rakyatnya damai dan sejahtera. Rakyatnya patuh pada ajaran
agama. Setiap orang selalu membicaranakan tentang darma tidak lagi
membicarakan tentang pencurian dan tentang kejahatan. Akan tetapi yang
membuat sedih adalah sikap mudah tergoda dan terpesona kerling mata dari
konde-konde wanita yang terlepas.
|
8
|
Ngke tang cakra
Sudarççanna n wiphala mantên amati ripu çakti ring ranna.
Marmmanya n rakêt
pipi n dadi mamanda-ka muwuhi rarasning adyahi.
Manggeh mâri curik si
Nandaka manganti gati marêk aminndda ring halis.
Dikshâng çangka si
Pancajanya ri sêddêngning ahawu-hawu yan tibâng.
|
8
|
Keadaan semacam itu, cakram Sudarsana sudah tidak ada gunanya lagi di
medan pertempuran. Semua hanyut pada wajah nan molek wanita-wanita berparas
cantik rupa. Nandaka bukanlah keris, mereka lebih suka mendekati pipi-pipi
berbedak. Trompet siput Pancajanya dipakai sewaktu upacara. Waktu senja
adalah waktu mereka mulai bercumbu.
|
Pustaka :
Prof. Dr. R.M. Sutjipto Wirjosuparto
Kakawin Bharata-Yuddha, Bhratara –
Jakarta 1968
Sabtu, 21 Desember 2019 05:00 WIB
Drs. Slamet Priyadi di Kp.
Pangarakan, Bogor
Matur nuwun sanget - mohon ijin copy dan jika ada file penuhnya apakah berkenan mengirim via email y.prastiawan@gmail ?
BalasHapus