Jumat, 20 Desember 2019

Prof.Dr.R.M.Sutjipto Wirjo Suparto: KAKAWIN BHARATAYUDA Pupuh II (5-8)

Blog Ki Slamet 42: Kita Semua Wayang
Sabtu, 21 Desember 2019 - 04.47 WIB 


“KAKAWIN BHARATAYUDA PUPUH LII (5–8)”
Prof.Dr.R.M.Sutjipto Wirjo Suparto
TRANSKRIPSI
TERJEMAHAN BEBAS
5
Tan dwâsing musuh anggakârarinurahanira
rinarah ikang parângmuka.
Syuh bhrashttâng kalanâlilang  kadi ri kâna rinadinirâng durâtmaka.
Salwâning Yawabhûmi nora wani langghana sahanani çeshaning pêjah.
Singgih tan hana nûsa çakti wênang anglawan ri sira Wishnnu nginnddarat.

5
Setiap musuh yang menentang raja Jayabhaya, terutama para penjahat dan musuh-musuh kerajaan dibinasakan dan hancurkan sehingga negeri bersih dan aman dari para penjahat. Sehingga di seluruh pulau Jawa tidak ada satu pun yang berani melawan Jayabhaya. Karena dia tiada lain adalah penjelmaan Dewa Wisnu di dunia ini.
6
Têkwan sâtmya lawan bhattâra tuhaning bala n angawaki guntur adbhuta.
Towin pringga jurangnirengingêt-ingêt mapingit arusit ewêh ungsirên.
Yan kaywân alasekihên rahabi kirtinira mapa ng aron alung langö.
Apênêd nirmmala ring manis kidungirân kawiwara saphalân patirthana.

6
Raja Jayabaya jiwanya telah menyatu dengan Tuhan. Para panglimanya  bersuara seperti guntur yang menakutkan. Daerah wilayah kekuasaannya berjurang sukar untuk dilalui karena amat curam, terjal dan menakutkan. Nama Jayabaya begitu harum karena ia selalu melindungi rakyatnya maupun kepada hutan rimba yang indah sehingga pantas dikunjungi.

7
Rekan râmya muwah krêta ng bhuwana mantêra ikang ujar anênggah atpada.
Anghing dharmma ginoshtti nora winuwus maling i watamateki yan silib.
Sab-sab muksha dumeh kunêng pwa ng amêwêh gring unênging amêgat sih anglare.
Akweh wwang tinêwêk ndan ing liring arûm hana hinabêti lungsuring gêlang.
  
7
Kepemimpinan Raja Jayabaya membuat rakyatnya damai dan sejahtera. Rakyatnya patuh pada ajaran agama. Setiap orang selalu membicaranakan tentang darma tidak lagi membicarakan tentang pencurian dan tentang kejahatan. Akan tetapi yang membuat sedih adalah sikap mudah tergoda dan terpesona kerling mata dari konde-konde wanita yang terlepas.
8
Ngke tang cakra Sudarççanna n wiphala mantên amati ripu çakti ring ranna.
Marmmanya n rakêt pipi n dadi mamanda-ka muwuhi rarasning adyahi.
Manggeh mâri curik si Nandaka manganti gati marêk aminndda ring halis.
Dikshâng çangka si Pancajanya ri sêddêngning ahawu-hawu yan tibâng.

8
Keadaan semacam itu, cakram  Sudarsana sudah tidak ada gunanya lagi di medan pertempuran. Semua hanyut pada wajah nan molek wanita-wanita berparas cantik rupa. Nandaka bukanlah keris, mereka lebih suka mendekati pipi-pipi berbedak. Trompet siput Pancajanya dipakai sewaktu upacara. Waktu senja adalah waktu mereka mulai bercumbu.


Pustaka :
Prof. Dr. R.M. Sutjipto Wirjosuparto
Kakawin Bharata-Yuddha, Bhratara – Jakarta 1968

Sabtu, 21 Desember 2019  05:00 WIB
Drs. Slamet Priyadi di Kp. Pangarakan, Bogor

1 komentar:

  1. Matur nuwun sanget - mohon ijin copy dan jika ada file penuhnya apakah berkenan mengirim via email y.prastiawan@gmail ?

    BalasHapus