Rabu, 22 Desember 2010

SUP DAN TULANG KUNO BERUSIA 2.400 TAHUN DITEMUKAN Posted by Slamet Priyadi

Gbr 1 Penemuan sup&tulang kuno
Surat kabar resmi Pemerintah cina, Global Times, Senin 13/12/ 2010, melaporkan bahwa sekelompok arkeolog China berhasil menemukan mangkuk yang berisi sup dan tulang berusia 2.400 tahun, yang digali dari situs bersejarah ibu kota kuno, Xian, Provinsi Shaanxi.

“Sepanjang sejarah aekeolog China, ini adalah untuk pertama kalinya sup tulang kuno berhasil ditemukan,” demikian kata Liu Daiyun, arkeolog dari Institut Arkeologi Provinsi Shaanxi. “Penemuan ini akan berperan penting dalam mempelajari kebiasaan makan dan budaya dari masyarakat China selama perode Zaman Warring [475-221 SM].”

Sup dan tulang kuno tersebut ditemukan dalam mangkuk tembaga kecil yang ada dalam sebuah makam, yang tengah digali untuk perluasan pembangunan bandara di Kota xian. Cairan dan tulang dalam sup tersebut berubah warna menjadi hijau akibat oksidasi mangkuk tembaga itu. Para ilmuwan akan mengadakan tes lebih jauh lagi untuk memastikan cairan dan tulang itu memang benar-benar sup.
Gbr 2. Qin Shi Huang Kaisar pertama China
Xian merupakan kota kuno yang telah ada sejak 3.100 tahun silam. Kota ini bahkan pernah menjadi ibu kota China selama 1.100 tahun dan terkenal dengan patung-patung prajurit terakota di situs pemakaman Qin Shihuang. Qin merupakan seorang tokoh yang pada masa hidupnya, pada 221 Sebelum Masehi, berupaya menyatukan China dan mendeklarasikan dirinya sebagai kaisar pertama China. [Diambil dari Koran Jakarta, Selasa, 14 Desember 2010].  
 

Rabu, 22 Desember 2010

Slamet Priyadi di Lido-Bogor

 

1 komentar:

  1. @ Para ilmuwan akan mengadakan tes lebih jauh lagi untuk memastikan cairan dan tulang itu memang benar-benar sup.

    BalasHapus