Selasa, 07 Desember 2010

KI HAJAR DEWANTARA by: Slamet Priyadi

Ki Hajar Dewantara dilahirkan pada tanggal 2 Mei 1889 dengan nama Raden Mas Soewardi Soeryaningrat.
Ajarannya yang sangat terkenal dalam dunia pendidikan adalah yang berkait dengan karakter yang harus dimiliki oleh setiap pemimpin, yaitu:

1.  ING NGARSO SUNG TULODO
     Artinya bahwa seorang pemimpin haruslah mempuanyai sikap dan prilaku yang baik dan menjadi contoh suri tauladan bagi masyarakat.

2.  ING MADYO MANGUN KARSO
     Artinya bahwa seorang peminpin ketika berada di tengah-tengah masyarakat haruslah dapat menciptakan peluang-peluang agar masyarakat dapat berkarya dengan baik.

3.  TUT  WURI HANDAYANI
     Artinya bahwa seorang pemimpin ketika berada di belakang haruslah menjadi pendorong semangat, menjadi motivator bagi nmasyarakat.

     Ki Hajar Dewantara wafat pada tanggal 28 April 1959. Ia dikenal sebagai "Bapak Pendidikan Nasional" dan hari kelahirannya diperingati sebagai "HARI PENDIDIKAN NASIONAL".
Ki Hajar Dewantara 1


Ki Hajar Dewantara 2


Ki Hajar Dewantara dan sahabat

SELASA, 7 DESEMBER 2010
SLAMET PRIYADI DI LIDO-BOGOR

1 komentar:

  1. @ Ki Hajar Dewantara dilahirkan pada tanggal 2 Mei 1889 dengan nama Raden Mas Soewardi Soeryaningrat. Wafat pada tanggal 28 April 1959. Beliau dikenal sebagai Bapak Pendidikan Nasional, dan hari kelahirannya diperingati sebagai Hari Pendidikan Nasional. Ajarannya berkait dengan sikap pemimpin yang harus, 1.ING NGARSO SUNG TULODO 2. ING MADYO MANGUN KARSO 3. TUT WURI HANDAYANI.

    BalasHapus