Selasa, 14 Desember 2010

MENGEMBANGKAN RASA KASIH SAYANG PADA ANAK By Slamet Priyadi

Ibu sayang Jayeng

Sesekali mengajak anak makan di tempat lain

              KASIH SAYANG merupakan kebutuhan psikis yang paling mendasar dalam proses hidup dan kehidupan manusia dari sejak lahir hingga dewasa terutama pada diri ANAK. Apabila anak tidak pernah atau kurang merasakan kasih sayang dari orang tuanya maka tidak bisa dipungkiri itu akan menimbulkan penderitaan batin pada diri anak tersebut yang pada akhirnya dapat mengakibatkan kesehatan badan anak terganggu, tingkat kecerdasan berkurang, dan biasanya sikapnya menjadi keras kepala dan nakal.

             Jika anak merasa tidak disenangi oleh orang tuanya, oleh masyarakat, di mana anak itu hidup, ia akan merasa sedih, kecewa dan gelisah.  Oleh karena itu orang tua sudah seharusnya dalam mendidik, membimbing, dan dalam membesarkan anak-anaknya agar terlebih dahulu dapat memahami perkembangan jiwanya.

             Orang tua dengan cara yang baik, positif dan kreatif memberikan berbagai macam gambaran,  umpan balik,memberikan semangat, dorongan dan motivasi sesuai dengan harapan dan cita-cita mereka. Orang tua, guru  harus dapat membantu memberikan jalan keluar dalam setiap masalah yang dihadapi anak. Membantu anak-anak
agar dapat mencintai, mengasihi, dan menyayangi orang-orang lain, mencintai, mengasihi dan menyayangi khewan bahkan  alam lingkungan.
( Sumber : Psikologi Populer / Drs Dewa Ketut Sukardi )

Selasa, 14 Desember 2010
SLAMET PRIYADI DI LIDO - BOGOR

1 komentar:

  1. @ Orang tua, guru harus dapat membantu memberikan jalan keluar dalam setiap masalah yang dihadapi anak. Membantu anak-anak
    agar dapat mencintai, mengasihi, dan menyayangi orang-orang lain, mencintai, mengasihi dan menyayangi khewan bahkan kepada dan alam lingkungan.

    BalasHapus