Senin, 13 Desember 2010

CIRI-CIRI EMOSI REMAJA 12-18 TAHUN By Slamet Priyadi

Unjuk kebolehan lewat musik

Belajar bareng lebih disukai
•    Cenderung bersikap pemurung.
    Hal ini disebabkan adanya perubahan biologis berkait dengan kematangan seksual yang dialaminya.
•    Sering marah-marah dan berprilaku kasar
      Ledakan kemarahan yang acap kali ditunjukan adalah sebagai pelampiasan ketegangan psikologis dan ketidakstabilan biologis. Kurang tidur, terlalu banyak kerja, di samping pola makan yang tidak tepat. Prilaku kasar yang ditunjukan semata-mata adalah untuk menutupi kelemahan dan kekurangpercayaan dirinya dalam menyikapi sesuatu.
•    Egoistis dan tidak toleran
   Sikap egoistis mau menang sendiri, tidak toleran kepada orang lain lebih dominan, yang benar adalah pendapatnya sendiri. Pendapat orang lain meskipun lebih benar tidak mau diterimanya.
•    Bersikap lebih kritis  
   Pengatannya terhadap orang lain terutama orang tua dan guru lebih kritis sehingga apabila melihat orang tua atau  penampilan guru yang seakan serba tahu dan serba benar akan segala hal,  spontan akan menunjukkan ketidaksenangannya.
•   Suka memberontak
     Keadaan semacam ini sebagai ekspresi perubahan dari masa remaja ke masa dewasa.
•   Ingin selalu diperhatikan
     Keinginannya lebih bebas dan keberadaannya ingin diakui. Remaja diusia 15 sampai 18 tahun selalu ingin diperhatikan baik dari orang tua, guru dan teman-temannya serta lingkungan sosialnya.
•  Sering melamun memikirkan masa depanya
    Banyak diantara remaja usia 15 – 18 tahun ini merasa punya peluang besar untuk memegang dan mendapat posisi jabatan tertentu dalam lingkungan sosial, akan tetapi merekapun menyadari pula bahwa untuk menggapai itu semua harus diupayakan dengan perjuangan yang keras. (Sumber: PSIKOLOGI PERKEMBANGAN- Dra Enung Fatimah, M.M.)

 Selasa, 14 Desember 2010
Slamet Priyadi di Lido - Bogor

1 komentar:

  1. @ Keinginannya lebih bebas dan keberadaannya ingin diakui. Remaja diusia 15 sampai 18 tahun selalu ingin diperhatikan baik dari orang tua, guru dan teman-temannya serta lingkungan sosialnya.

    BalasHapus