Kamis, 27 Desember 2012

JOKOWI PUN AKAN PAKAI SERAGAM BETAWI - Kurnia Sari Aziza - Kamis, 27 Des. 2012


 
KOMPAS.com/Indra Akuntono Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo (Jokowi) bersama istrinya Iriana Jokowi saat menghadiri Kirab Budaya Rakyat Jakarta, di depan gedung Balai Kota Jakarta, Minggu (28/10/2012). Kirab Budaya Rakyat Jakarta digelar dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda sekaligus menjadikan Jakarta sebagai pusat kebudayaan nusantara berbasis budaya Betawi.

JAKARTA, KOMPAS.com - Tahun depan, PNS Pemprov DKI akan mulai mengenakan seragam Betawi. Peraturan ini diterapkan untuk melestarikan kebudayaan Betawi.

Untuk memperdalam peraturan tersebut, pagi ini Jokowi mengadakan rapat dengan beberapa tokoh Betawi dari Badan Musyawarah (Bamus), yang diketuai oleh Nachrowi Ramli.
Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo atau yang lebih akrab disapa Jokowi mengatakan, peraturan seragam Betawi ini akan dikenakan mulai Januari 2013. Sedangkan hari Rabu dipilih sebagai hari wajib memakai baju seragam Betawi ini.

"Januari 2013 mulainya setiap hari Rabu, semuanya pakai seragam Betawi, tak terkecuali, nanti Gubernurnya pakai juga," kata Jokowi di Balaikota Jakarta, Kamis (27/12/2012).

Beberapa contoh seragam Betawi untuk Pemprov DKI telah dirancang oleh Emma Amalia Agusbisri. Ada14 model, yang terdiri dari baju koko untuk laki-laki dan kebaya untuk wanita.

"Pak Gubernur tadi bilang pilih semua. Jadi memang tidak satu macam saja yang bisa dipakai, yang memudahkan. Kainnya juga ada maknanya, kebaya kerancang Betawi adalah baju Betawi dari dulu," kata Emma.

Soal seragam daerah ini, sebelumnya Jokowi telah menerapkanya di Solo kala dia menjadi wali kota di sana. Jokowi mengatakan ingin memasukkan unsur-unsur kebudayaan Betawi ke dalam bangunan yang berada di Jakarta.

Editor :
Ana Shofiana Syatiri

1 komentar:

  1. Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo atau yang lebih akrab disapa Jokowi mengatakan, peraturan seragam Betawi ini akan dikenakan mulai Januari 2013. Sedangkan hari Rabu dipilih sebagai hari wajib memakai baju seragam Betawi ini.

    "Januari 2013 mulainya setiap hari Rabu, semuanya pakai seragam Betawi, tak terkecuali, nanti Gubernurnya pakai juga," kata Jokowi di Balaikota Jakarta, Kamis (27/12/2012).

    BalasHapus