Minggu, 02 Januari 2011

Wisatawan Padati Candi Borobudur - Yahoo! Indonesia News

Wisatawan Padati Candi Borobudur posted by Slamet Priyadi




Wisatawan Padati Candi Borobudur

Minggu, 2 Januari 2011. Magelang (ANTARA) : Wisatawan Nusantara dan mancanegera hingga Minggu masih memadati objek wisata Candi Borobudur di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, pada libur Tahun Baru 2011. Kepala Unit Taman Wisata Candi Borobudur (TWCB), Pujo Suwarno, di Magelang mengatakan, pada libur tahun baru Sabtu (1/1) hingga hari Minggu ini pengunjung cukup ramai. Ia mengatakan, untuk memeriahkan libur Natal dan Tahun Baru 2011 TWCB menyelenggarakan berbagai kegiatan, antara lain pentas kesenian rakyat seperti kuda lumping, dayakan, simolodro, dan sebagainya sejak 25 Desember 2010 hingga 2 Januari 2011.

Pada malam pergantian tahun baru kemarin, katanya, digelar wayang orang di panggung aksobya pelataran Candi Borobudur. Pujo mengatakan, sejumlah kegiatan tersebut terbukti mampu menarik wisatawan. Ia mengatakan, pada 31 Desember 2010 jumlah wisatawan mencapai 10.713 orang terdiri atas 10.433 wisatawan Nusantara dan 280 wisatawan mancanegara. Pada 1 Januari 2011 pengunjung meningkat tajam mencapai 23.082 orang terdiri atas 22.896 wisatawan nusantara dan 186 wisatawan mancanegara.

Berdasarkan pantauan, Candi Borobudur yang sempat diselimuti abu vulkanik Gunung Merapi beberapa waktu lalu, mulai dipadati pengunjung sejak pagi. Sekitar pukul 09.00 WIB sejumlah ruas jalan menuju Candi Borobudur terjadi kemacetan karena arus pengunjung semakin meningkat. Sekitar pukul 10.00 WIB tempat parkir yang disediakan PT TWCB tidak muat menampung kendaraan sehingga warga sekitar candi membuat parkir swadaya. Mereka memanfaatkan halaman rumah yang kosong sebagai lokasi parkir. Sejumlah pemuda membentuk kelompok parkir untuk mengelola parkir di beberapa ruas jalan kampung. Jumlah pengunjung mencapai puncak setelah pukul 11.00 WIB. Pengunjung tidak hanya naik ke candi untuk menikmati suasana Candi Borobudur, tetapi mereka juga bisa menikmati sejumlah fasilitas yang disediakan pengelola PT TWCB, antara lain sepeda gunung, kereta mini, dan beberapa ekor gajah wisata. Selain itu, pengunjung dapat melihat koleksi Museum Karmawibangga dan Museum Samudera Raksa (museum kapal) yang memiliki cerita sejarah bangsa.

Senin, 2 Januari 2011

Slamet Priyadi di Lido-Bogor

1 komentar:

  1. @ Jumlah pengunjung mencapai puncak setelah pukul 11.00 WIB. Pengunjung tidak hanya naik ke candi untuk menikmati suasana Candi Borobudur, tetapi mereka juga bisa menikmati sejumlah fasilitas yang disediakan pengelola PT TWCB, antara lain sepeda gunung, kereta mini, dan beberapa ekor gajah wisata.

    BalasHapus