Kamis, 21 April 2011

"PENYAKIT LIVER" by Rosita S. Priyadi


PENYAKIT LIVER
     
Tapak Liman
JUMAT, 22 APRIL 2011 - PUSAKA LELUHUR - Organ terbesar di dalam tubuh manusia adalah hati yang dalam ilmu biologi disebut liver. Fungsi hati atau liver antara lain untuk memfilter atau menyaring darah yang mengalir dari alat pencernaan makanan  yang memproduksi empedu untuk mencerna lemak.
       
Rumput Mutiara
        Adapun beberapa penyakit liver di antaranya ialah  penyakit yang dikarenakan adanya penumpukan racun yang berlebihan, seperti alkohol dan kuman. Alcohol dan kuman-kuman ini bisa merusak fungsi hati yang menyebabkan Hepatitis A dan Hepatitis B.  Hepatitis B adalah penyakit liver yang paling sukar untuk disembuhkan. Biasanya, gejala dari penyakit liver ini adalah perut sebelah kanan atas terasa sakit. Bahkan terkadang sakitnya menjalar sampai ke bahu kanan.  Bagi penderita penyakit liver yang sudah parah tubuhnya berwarna kuning, perut buncit dan tubuhnya berwarna keabu-abuan,terutama bagi yang gemar minum-minuman keras beralkohol tinggi. 
Upaya penyembuhan penyakit liver secara tradisional adalah sebagai berikut:
Tali Putri

1.    Rebuslah segenggam daun tapak liman yang sudah dikeringkan dengan 2 gelas air hingga  mendidih, setelah hangat-hangat kuku baru diminum sebanyak 3 kali dalam sehari. Setiap minum 1 gelas.
2.    Minumlah 1 sendok makan minyak tanah yang berwarna jernih dan bersih setiap pagi   sebelum  sarapan, lalu puasa selama 2 jam. Lakukan ini setiap pagi hari selama 2 pekan
       (10 – 14 hari).
3.    Bisa juga dengan segenggam rumput mutiara, dan tali putri  yang bentuknya seperti mihun berwarna kuning. Tanaman ini jenis tanaman liar dan mudah didapatkan. Jika anda kebetulan pergi ke Sukabumi dari arah Jakarta, di sepanjang jalan Ciawi mulai dari ciherang di sebelah kiri jalan,  anda bisa melihat jenis tanaman tersebut. Rebuslah rumput mutiara dan tali putri tersebut dengan 2 gelas air putih sampai mendidih. Setelah hangat-hangat kuku minumlah sehari 3 kali. (Jumat, 22 April 2011-PUSAKA LELUHUR-Rosita S.Priyadi di Lido-Bogor)

Tapak Liman, Rumput Mutiara, Tali Putri adalah jenis tanaman liar yang mudah tumbuh di sembarang tempat, terutama di daerah yang suhunya agak dingin.

1 komentar:

  1. Gejala dari penyakit liver adalah perut sebelah kanan atas terasa sakit. Bahkan sakitnya menjalar sampai ke bahu kanan. Bagi penderita penyakit liver yang sudah parah tubuhnya berwarna kuning, perut buncit dan tubuhnya berwarna keabu-abuan,terutama bagi yang gemar minum-minuman keras beralkohol tinggi.

    BalasHapus