Denmas Priyadi Blog : "Kita Semua Wayang"
Minggu, 10 Fabuari 2019 - 06:30 WIB
Minggu, 10 Fabuari 2019 - 06:30 WIB
Buku Nagarakertagama |
Mpu Prapanca:
KAKAWIN NAGARAKERTAGAMA PUPUH 8
( ISTANA 1 – 6 )
T r a n s k r i p s
i (1)
Warṇan tiṅkahikaṅ purãdbhuta kuthanya
baṅumidӗr makandӗl,
kulwan didhwura
waktra maṅharӗpakӗn lӗbuhagӗṅi tӗṅah wayedrana dalêm, brahmã sthãna matuṅgalan pathani bhuddi jajarinapi kapwa sὅk cara cara, ṅkã toṅgwan para taṇḍha
tan pӗhataganti kumӗniti karakșaniṅ para sabhã.
T e r j e m a h a n (1)
Diceritakan istana itu sangan menakjubkan, dikelilingi
tembok batu-bata yang kokoh dan tinggi, di sebelah barat, pintu masuk istana
menghadap mandala dan dikelilingi parit, pohon brahmasthana di dekat balai
berjajar dengan pohon bodi ditata dengan bermacam susunan, di sanalah para
penjaga terus-menerus bergantian menjaga keamanan istana.
T r a n s k r i p s i
(2)
Lor taṅ gopura šobhitã bhinawa kontenika wesi winûpakã
parinita, wetan saṇdhiṅikãrjja paṅguṅaruhur patiga nika binajralepa maputih, kãnnah lor
kiduliṅ pӗkӗnrakӗtikaṅ yaša wӗkasiṅapañjaṅadbhuta dahat, haṅkӗn caitra pahὅmaniṅ bala samùha kidulika catus patã hyaṅahalӗp.
T e r j e m a h a n (2)
Di sebelah utara gapura yang luar biasa indah pintu besi
penuh ukiran indah itu didirikan, di sebelah timur di samping panggung tinggi
yang disusun selaras berlapis batu itu dilepa berwarna putih, di sana di
sebelah utara dan selatan pasar, bangunan-bangunan rumah berjajar memanjang
sangat bagus, sebagai tempat tempat pertemuan bagi bala prajurit di selatan
perempatan jalan itu di bulan Caitra yang elok.
T r a n s k r i p s i
(3)
Alwãgimbar ikaṅ waṅuntur an
haturdišiwatanaṅikãwitãna ri tӗnah, lor taṅ wešma panaṅkilan para bhujaṅga kimuta para mantry aliṅgih apupul, wetan ṅwan para sewa boddha mawitãda mucap aji sahopakãra wӗki sὅk, prãyašcitra ri ãla
nin grahana phalguna makaphala haywa niṅ sabhuwana.
T e r j e m a h a n (3)
Balai Agung Manguntur itu dan Balai Witana di tengah
menghadap ke watangan (pendopo), di sebelah utara wisma, tempat bagi para
pujangga dan juga menteri duduk berkumpul, sebelah timur tempat pendeta Siwa –
Buddha berkumpul membicarakan ilmu dan jenis upacara, upacara penyucian /
penebusan dosa pada setiap gerhana bulan Palguna demi keselamatan seluruh
dunia.
T r a n s k r i p s i
(4)
Kãnnah wetanikaṅ pahomanjajar tӗṅah
kašaiwanaruhur, ṅgwan saṅ wipra kidul padhottma barati nararikãbatur patawuran, ṅgwan saṅ sogata lor susun
tiga tikaṅ waṅunani pucakӗrjja
mokirukiran, kapwãṅjrah racananya puşpa pinaran nrepati satata yan hinoma mapupul.
T e r j
e m a h a n (4)
Di sana di sebelah timur, tempat sesaji
berjajar tiga-tiga, di tengahnya kuil Siwa nan tinggi, sebelah selatan tempat
para wipra bertingkat-tingkat,
sebelah barat itu tempat bagi pemimpin persembahan sesaji, di utara bangunan
tempat pendeta Buddha bersusun tiga itulah dengan ukiran di puncaknya,
bunga-bunga bertaburan, bersamaan saat datang Sang Raja untuk bersembahyang.
T r a n s k r i p s
i (5)
Ṅkaneṅ jro kidul iṅ waṅuntur ahӗlat palawaṅan ikanaṅ pašaiwan atatã, wešmãrjjajar aṅhapit hawan aṅulwan
i tӗṅah ika tañjuṅ aṅrah asӗkar, ndah kulwan mahӗlӗt muwah kidul i paṅguṅika balay aneka
medran i tӗpi, arddhãlrwãr i tӗṅah natar nikana maṇḍapa
pasatan ašaṅkya lot mahurahan.
T e r j e m a h a n
(5)
Di sebelah dalam selatan Balai Manguntur, dipisahkan
pintu terdapat ruang pertemuan, wisma bejajar yang mengapit jalan ke barat yang
di tengah-tengahnya tumbuh pohon tanjung yang sedang berbunga, dan di baratnya
lagi terpisah dengan bagian selatan panggung, berbagai macam prajurit mengelilingi
di bagian pinggir, tepat di tengah-tengah halaman pendapa sana, tempat adu ayam
jantan tak terhitung, di sana tak henti bersuara riuh dan kacau.
T r a n s k r i p s
i (6)
Rin jronyeki muwah
pašaiwan akidul dudug aṅusi wijil kapiṅ rwa ri dalӗm, tiṅgkahnyeki tinumpa-numpa mahӗlӗt palawaṅan ikanaṅ sapaṇta tinitah, kapwãwešna subaddha watwan ika len saka
balabag usuknya tan papacadan, sὅk deniṅ bala hajiy anaṅkil
agilir makӗmit an umapekşa wãra matutur.
T e r
j e m a h a n (6)
Di dalamnya lagi lagi, di sisi selatan,
langsung bersambung ke gerbang kedua bagian dalam istana, susunannya ini dibuat
bertingkat dan bersekat pintu-pintu teratur, semua bangunan wisma berulang
sangat kokoh, dan lagi papan rusuknya itu tanpa ada celanya, dipenuhi oleh para
bala dan pimpinan, berjaga bergiliran sambil berdiskusi.
P u s a t a k a :
Mpu Prapanca,“Kakawin Nagaraketagama”
Teks dan terjemahan: Damaika Saktiani, dkk
P e n e r b i t
:
NARASI Yogyakarta 2018
Tidak ada komentar:
Posting Komentar