Sabtu, 09 Februari 2019

Mpu Prapanca: "KAKAWIN NAGARAKARTAGAMA PUPUH 8

Denmas Priyadi Blog : "Kita Semua Wayang"
Minggu, 10 Fabuari 2019 - 06:30 WIB

Image "Buku Nagarakertagama" ( Foto: SP)
Buku Nagarakertagama

Mpu Prapanca:

KAKAWIN NAGARAKERTAGAMA PUPUH 8
( ISTANA 1 – 6 )

T r a n s k r i p s i  (1)
Waran tikahika purãdbhuta kuthanya baumidӗr makandӗl,
kulwan didhwura waktra maharӗpakӗn lӗbuhagӗṅi tӗṅah wayedrana dalêm, brahmã sthãna matugalan pathani bhuddi jajarinapi kapwa sk cara cara, kã toṅgwan para taṇḍha tan pӗhataganti kumӗniti karakșaniṅ para sabhã.

T e r j e m a h a n  (1)
Diceritakan istana itu sangan menakjubkan, dikelilingi tembok batu-bata yang kokoh dan tinggi, di sebelah barat, pintu masuk istana menghadap mandala dan dikelilingi parit, pohon brahmasthana di dekat balai berjajar dengan pohon bodi ditata dengan bermacam susunan, di sanalah para penjaga terus-menerus bergantian menjaga keamanan istana.

T r a n s k r i p s i  (2)
Lor ta gopura šobhitã bhinawa kontenika wesi winûpakã parinita, wetan sadhiikãrjja paguaruhur patiga nika binajralepa maputih, kãnnah lor kiduli pӗkӗnrakӗtika yaša wӗkasiapañjaadbhuta dahat, hakӗn caitra pahmani bala samùha kidulika catus patã hyaahalӗp.

T e r j e m a h a n  (2)
Di sebelah utara gapura yang luar biasa indah pintu besi penuh ukiran indah itu didirikan, di sebelah timur di samping panggung tinggi yang disusun selaras berlapis batu itu dilepa berwarna putih, di sana di sebelah utara dan selatan pasar, bangunan-bangunan rumah berjajar memanjang sangat bagus, sebagai tempat tempat pertemuan bagi bala prajurit di selatan perempatan jalan itu di bulan Caitra yang elok.

T r a n s k r i p s i  (3)
Alwãgimbar ika wauntur an haturdišiwatanaikãwitãna ri tӗnah, lor ta wešma panakilan para bhujaga kimuta para mantry aligih apupul, wetan wan para sewa boddha mawitãda mucap aji sahopakãra wӗki sk, prãyašcitra ri ãla nin grahana phalguna makaphala haywa ni sabhuwana.


T e r j e m a h a n  (3)
Balai Agung Manguntur itu dan Balai Witana di tengah menghadap ke watangan (pendopo), di sebelah utara wisma, tempat bagi para pujangga dan juga menteri duduk berkumpul, sebelah timur tempat pendeta Siwa – Buddha berkumpul membicarakan ilmu dan jenis upacara, upacara penyucian / penebusan dosa pada setiap gerhana bulan Palguna demi keselamatan seluruh dunia.

T r a n s k r i p s i (4)
Kãnnah wetanika pahomanjajar tӗṅah kašaiwanaruhur, gwan sa wipra kidul padhottma barati nararikãbatur patawuran, gwan sa sogata lor susun tiga tika waunani pucakӗrjja mokirukiran, kapwãjrah racananya puşpa pinaran nrepati satata yan hinoma mapupul.

T e r j e m a h a n (4)
Di sana di sebelah timur, tempat sesaji berjajar tiga-tiga, di tengahnya kuil Siwa nan tinggi, sebelah selatan tempat para wipra bertingkat-tingkat, sebelah barat itu tempat bagi pemimpin persembahan sesaji, di utara bangunan tempat pendeta Buddha bersusun tiga itulah dengan ukiran di puncaknya, bunga-bunga bertaburan, bersamaan saat datang Sang Raja untuk bersembahyang.

T r a n s k r i p s i (5)
kane jro kidul i wauntur ahӗlat palawaan ikana pašaiwan atatã, wešmãrjjajar ahapit hawan aulwan i tӗṅah ika tañju arah asӗkar, ndah kulwan mahӗlӗt muwah kidul i paguika balay aneka  medran i tӗpi, arddhãlrwãr i tӗṅah natar nikana maṇḍapa pasatan ašakya lot mahurahan.

T e r j e m a h a n (5)
Di sebelah dalam selatan Balai Manguntur, dipisahkan pintu terdapat ruang pertemuan, wisma bejajar yang mengapit jalan ke barat yang di tengah-tengahnya tumbuh pohon tanjung yang sedang berbunga, dan di baratnya lagi terpisah dengan bagian selatan panggung, berbagai macam prajurit mengelilingi di bagian pinggir, tepat di tengah-tengah halaman pendapa sana, tempat adu ayam jantan tak terhitung, di sana tak henti bersuara riuh dan kacau.   

T r a n s k r i p s i (6)
Rin jronyeki muwah pašaiwan akidul dudug ausi wijil kapi rwa ri dalӗm, tigkahnyeki tinumpa-numpa mahӗlӗt palawaan ikana sapata tinitah, kapwãwešna subaddha watwan ika len saka balabag usuknya tan papacadan, sk deni bala hajiy anakil agilir makӗmit an umapekşa wãra matutur.

T e r j e m a h a n (6)
Di dalamnya lagi lagi, di sisi selatan, langsung bersambung ke gerbang kedua bagian dalam istana, susunannya ini dibuat bertingkat dan bersekat pintu-pintu teratur, semua bangunan wisma berulang sangat kokoh, dan lagi papan rusuknya itu tanpa ada celanya, dipenuhi oleh para bala dan pimpinan, berjaga bergiliran sambil berdiskusi.

P u s a t a k a  :
Mpu Prapanca,“Kakawin Nagaraketagama”
Teks dan terjemahan: Damaika Saktiani, dkk
P e n e r b i t  :
NARASI Yogyakarta 2018

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar