Jumat, 12 Juni 2015

“MILLARD FILLMORE” ( 1800 – 1874 ) Presiden Amerika Serikat Ke: 13

Millard Fillmore Presiden A.S Ke 13
“MILLARD FILLMORE” ( 1800 – 1874 )
Presiden Amerika Serikat Ke: 13

“Saya pikir tidak ada peristiwa yang akan disambut dengan penuh suka cita oleh seluruh rakyat Amerika Serikat selain dari pada usaha mengatasi dengan baik segala kesulitan yang dari dulu sampai sekarang telah menggoncangkan negeri ini...”

—Pidato di depan Kongres, 1850—
  
Dilahirkan :
Di Locke, New York, 7 Januari 1800.
Pendidikan :
Sekolah Rakyat biasa.
Kawin :
Dengan Abigail Powers, Caroline Mc Intosh .
Karier :
    Ahi hukum, 1823.    
    Anggota Dewan Kota New York, 1828 – 1831.
    Anggota Kongres, 1833 – 185; 1837 – 1845.
    Kanselir Universitas Buffalo, 1846 – 1847
    Keuangan Negeri Bagian New York 1847.
    Presiden, 1850
Meninggal :
Di Buffalo, New York, 8 Maret 1874.

Pustaka:
Vincent Wilson Jr. 1982. “The Book Of The Presidents”
“Presiden-Presiden Amerika Serikat”
Alih Bahasa oleh Drs. Abdullah Amry
Penerbit Mutiara Jakarta – Cetakan kedua 1982

sabtu, 28 Febuari 2015 – 08:40 WIB
Slamet Priyadi di Pangarakan, Bogor

KETIKA Wakil Presiden Fillmore menduduki Kepresidenansetelah meninggalnya Zachary Taylor, dia merupakan seorang yang terpilih dari kelompok Presiden yang ada yang membuat dongeng Amerika “dari gubuk kayu menuju Gedung Putih,” menjadi kenyataan.  Tetapi bangkitnya Fillmore dari seorang murid rendahan menjadi orang yang menduduki jabatan tertinggi di negeri itu, memberi ilham lebih banyak dari pada pekerjaannya sendiri dalam p jabatan itu.  Ketika Taylor yang pendek dan gemuk masih tinggal di Gedung Putih, penduduk Washington melihat Fillmore yang tinggi, agung berwibawa, kelihatan lebih menyerupai seorang Presiden dari Presiden itu sendiri.

Dia dilahirkan dalam suatu gubuk kayu di Cayuga County, New York.  Dia mengalami kesulitan-kesulitan yang harus diatasunya.  Dia memperoleh pendidikan sedikit di sekolah, bekerja di ladang bapaknya, dan dalam usia 15 tahun belajar pada seorang pada tukang wool.  Selama dia melaksanakan latihannya, dia memulai belajar dengan lambat sekali, dan berangsur-angsur pandai sehingga cukup untuk mengajar di sekolah sendiri dan dapat mempelajri hukum.  Pada usia 23 tahun dia diperkenalkan bekerja di bar.  Menjelang usia 30 tahun dia berusaha di Buffalo dan berhasil mendapat kursi dalam Dewan Negara Bagian New York.

Dalam poltik Fillmore umumnya mengikuti garis moderat, walaupun dalam Kongres dia mengawinkan jalan yang tak populer dengan menyokong John Q. Adams dalam perjuangannya melawan praktik “pat gulipat” terhadap UU Anti Perbudakan.  Tetapi sebagai Presiden dia menerima kompromi Henry Clay mengenai perbudakan dan menandai suatu kehidupan politiknya yang memudar ketika dia menandatangani UU Budak Yang Melarikan Diri (Fugitive Slave Act).  Sebagian dari kompromi 1850, UU-nya memperkenankan pemilik-pemilik budak menerima orang-orang Negro di Utara sebagai pelarian tanpa melalui proses hukum.  UU itu menimbulkan pengalaman-pengalaman yang sangat pahit di Utara. UU itu tidak membawa perbaikan, melainkan menjadikan pihak Utara dan Selatan semakin jauh terpisah.  Fillmore rupanya tidak menyadari hal ini, sehingga karir politiknya praktis berakhir.  Orang yang memandang peranan seorang Presiden bahkan tidak diangkat lagi oleh partainya sendiri untuk memegang peranan kembali.

Dalam era pemerintahan Presiden Fillmore, penduduk  Amerika Serikat berjumlah 23,260,838 jiwa.  Dan pada tahun 1853 berkembang menjadi 23,736,070 jiwa.

Pustaka :
Vincent Wilson Jr. 1982. The Book Of The Presidents - ‘Presiden-Presiden Amerika Serikat’ – Alih Bahasa oleh Drs. Abdullah Amry – Penerbit Mutiara Jakarta – Cetakan kedua 1982

Sabtu, 13 Juni 2015
Slamet Priyadi
Di Kp. Pangarakan, Bogor

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar