Sabtu, 25 Juni 2011

"CATATAN SYAHNAGRA" by Slamet Priyadi

Nama lengkapnya Syahnagra Ismail. Lahir di Teluk Betung pada 18 Agustus 1953. Mengenal seni lukis sejak di Perguruan Taman Siswa, kemudian belajar di Sekolah Seni Rupa Indonesia ( SSRI ) di Yogyakarta, kemudian melanjutkan lagi ke Institut Kesenian Jakarta
( IKJ ) jurusan seni lukis sampai selesai.

Pada tahun 1989 mendapat kesempatan dari Institut Swedia untuk mendalami seni grafis di Akademi Seni Grafis Nasional Stockholm Swedia. Tahun 1992 mengadakan perjalanan sambil melukis ke beberapa negara di Eropa ( Belanda, Jerman, Denmark, Swedia, Prancis ).

Tahun 1996 ikut serta dalam simposium Asian Art & Education di Filipina. Pada tahun yang sama diundang kembali oleh Institut Swedia untuk mendalami seni grafis di tempat yang sama dan mengadakan perjalanan sambil melukis ke Belanda, Swedia, Prancis, Belgia.

Tahun 1998 diundang pada Festival Kesenian Ipoh Malaysia. Masih pada tahun yang sama mengadakan tujuh kali pameran tunggal, dan acap kali pameran bersama baik di dalam maupun di luar negeri. Pameran karya grafisnya antara lain di adakan di Jakarta, Stockholm, dan Belanda. Pendapatnya tentang seni grafis, "Seni grafis adalah satu wacana untuk mempertajam dan memperkaya isi batin dalam kehidupan berkesenian". Salah satu karya seni grafisnya adalah "Keindahan di Kota Tua" yang dibuat pada tahun 1997.(SUMBER "PAMERAN SENI GRAFIS INDONESIA TAHUN 1999)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar