Rabu, 01 Juni 2011

GURU SENI BUDAYA BLOG: MENGENAL SENI GRAFIS By Slamet Priyadi

Nyebeh,1998 Danu Sukamto (Hardboard cut 60cmx60cm)
Seni grafis yang dalam bahasa inggris disebut graphics art merupakan karya seni rupa yang proses penciptaannya lebih fokus pada memperbanyak cetakan asli (original print). Dalam perkembangan kemudian, seni grafis berupaya memperbanyak hasil seni dua dimensional yang tidak berhenti pada karya-karya seni murni saja, akan tetapi merambah pada sasaran yang lebih luas, terutama pengaruh pesatnya perkembangan teknologi fotografi dan proses cetak yang lebih maju.

Adapun batasan seni grafis sebagai mana yang ditulis oleh Setiawan Sabana: "Seni grafis merupakan salah satu bentuk ekspresi seni rupa dua dimensi yang memanfaatkan atau lahir dari proses cetak; Ceatak tinggi (relief print), cetak dalam (intaglio), cetak datar (planography), dan cetak saring (serigraphy screenprint). Karena melalui prses cetak, maka dimungkinkan terjadinya suatu pengulangan pada apa yang dicetak, artinya hasil atau karya cetak itu bisa berjumlah lebih dari satu, bersifat jamak. Dalam konvensinya yang baku, setiap cetakan pertama sampai terakhir bsa dinilai sebagai karya seni original dan berhak mendapat apresiasi yang sama dengan karya seni yang lain seperti lukisan, patung dan lain-lain". ( Diambil dari Pameran Seni Grafis Indonesia tulisan Setiawan Sabana, “Tujuh Butir Renungan Untuk Seni Grafis Indonesia” ).

1 komentar:

  1. @ "Seni grafis merupakan salah satu bentuk ekspresi seni rupa dua dimensi yang memanfaatkan atau lahir dari proses cetak; Ceatak tinggi (relief print), cetak dalam (intaglio), cetak datar (planography), dan cetak saring (serigraphy screenprint). Karena melalui prses cetak, maka dimungkinkan terjadinya suatu pengulangan pada apa yang dicetak, artinya hasil atau karya cetak itu bisa berjumlah lebih dari satu, bersifat jamak.

    BalasHapus