Minggu, 29 Mei 2011

" PUSAKA LELUHUR ": SAKIT GINJAL By Rosita S.Priyadi

Daun Tapak Liman
Minggu, 29 Mei 2011 - PUSAKA LELUHUR - Sakit ginjal biasanya terjadi oleh karena adanya peradangan pada ginjal. Radang ginjal bisa terjadi disebabkan oleh karena terlalu banyak makan yang mengandung kadar garam tinggi, asin, minum minuman keras yang beralcohol tinggi, gemar atau suka sekali makan emping melinjo, makan pedas-pedas. Gejala atau tanda-tanda radang ginjal adalah; kaki dan pelupuk mata bengkak, buah pinggang terasa nyeri, badan sering demam, saat kencing air seninya sedikit dan berwarna keruh, bahkan terkadang sukar sekali keluarnya. Jika sudah begini napas menjadi sesak dan muntah-muntah. Apabila tidak segera berobat bisa mendatangkan kematian.


Bagi penderita sebaiknya berupaya keras untuk tidak mengkonsumsi makanan yang pedas-pedas, asin, minum kopi, minum alcohol seperti bir dan lain sebagainya. Adapun upaya pengobatan tradisionalnya adalah:

• Rebuslah daun Tapak Liman 1 genggam atau 4 batang, dimasak dengan 3 gelas air hingga tersisa setengahnya. Minum sehari 3 atau 4 kali, sekali minum, 1 gelas.
• Minum air rebusan jagung muda beserta rambut dan kelobotnya, sekali gus dengan jagungnya. Ukuran minum air rebusan tidak terbatas.
(Referensi: Resep Ramuan Tradisional - Gatot M.Sahid & MB.Rahimsyah AR

1 komentar:


Denmas Priyadi mengatakan...
@ Gejala atau tanda-tanda radang ginjal adalah; kaki dan pelupuk mata bengkak, buah pinggang terasa nyeri, badan sering demam, saat kencing air seninya sedikit dan berwarna keruh, bahkan terkadang sukar sekali keluarnya. Jika sudah begini akibatnya sering muntah-muntah dan napas menjadi sesak.

1 komentar:

  1. @ Bagi penderita sakit ginjal, sebaiknya berupaya keras untuk tidak mengkonsumsi makanan yang pedas-pedas, asin, minum kopi, minum alcohol seperti bir dan lain sebagainya.

    BalasHapus