Jumat, 09 November 2012

Berbaktilah Pada Orang Tua Oleh Sita S.Priyadi



SABTU, 09 NOV. 2012 - DENMAS PRIYADI BLOG: Betapa besarnya jasa orang tua dalam membesarkan anak-anaknya. Sungguh itu tidak bisa diukur dengan bermacam bentuk balasan apapun baik berupa materi kemewahan duniawi maupun budi dan jasa sekalipun. Untuk membalas budi dan jasa orang tua yang telah membesarkan kita dengan segala jerih payahnya, pengorbanannya, perjuangannya bukan lain salah satunya adalah berbakti kepada orang tua, karena berbakti kepada orang tua merupakan bentuk ketaatan seorang anak. Sebagaimana kita ketahui dalam sepanjang hidupnya, orang tua telah medidik anak-anaknya dengan penuh kasih sayang yang tiada terkira.
Kewajiban untuk berbakti kepada orang tua bagi seorang anak itu talah menjadi ketetapan dan kewajiban sebagaimana terdapat dalam Kitabullah Sunnah Rasul dan Ijma’ para ulama. Berkait dengan itu Allah pun memberikan perhatian yang teramat sangat kepada hak orang tua sehingga perintah untuk memuliakan orang tua ditempatkan dalam urutan setelah perintah beribadah kepada Allah dan mengesakan-Nya.  Hal ini sebagaimana dinyatakan dalam firman-Nya, 

Beribadahlah kepada Allah dan janganlah kalian mempersekutukan-Nya dengan sesuatu pun. Dan berbuat baiklah kepada ibu bapak.” (QS.An-Nisa’:36) “Ridho Allah itu bergantung pada ridho kedua orang tua dan murka Allah bergantung juga  pada murka orang tua.”   

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar