Sabtu, 21 April 2018

WANGSIT SILIWANGI ( 1 - 4 )

 
Image : "Wangsit Siliwangi" ( Foto : halloBogor.com )
Wangsit Siliwangi
 “WANGSIT   SILIWANGI”

Hallobogor.com,

Kita semua Wayang - Minggu, 22 April 2018 - Bogor – Wangsit Siliwangi adalah pitutur luhur atau wisdom dari leluhur kita yang sangat patut dikenang dan diketahui, dan juga dijalankan karena merupakan nasihat yang luar biasa.

Menurut historis, seperti dikutip dari buku “Bogor dari Periode ke Periode, 130-2011, pada tahun 1579 M, untuk menghindari punahnya balatentara Sunda yang akan terus bertempur melawan tentara Banten yang dipimpin oleh Panembahan Pakalangan (Sultan Maulana Yusuf), akhirnya Prabu Ragamulya Suryakencana memerintahkan agar apasukan Jagapati untuk mundur dari keraton di Pakuan Pajajaran.

Sebelum berpisah dengan pasukannya itu, Prabu Rayamulya Suryakencana menyampaikan pesan yang sangat terkenal dengan nama Wangsit Siliwangi. Seperti apa wangsitnya, ikuti terus Hallobogor.com yang akan menampilkan kalimat per kalimat setiap harinya.

Selamat meresapi pitutur luhur, yaitu kata-kata dahsyat penuh makna, yang sarat dengan kebijaksanaan dari leluhur kita ini. Haturnuhun kangge para karuhun.

WANGSIT 1
TERJEMAHAN
Sanajan dia sakabeh ka ngaing pada satia, tapi ngaing henteu meunang mawa dia pipilueun, ngilu hirup bari balangsak, ngilu rudin bari lapar.
Walaupun kalian semua setia kepadaku tetapi aku tidak boleh membawa kalian dalam masalah ini, membuat kalianbsusah, ikut merasakan miskin dan lapar

WANGSIT 2
TERJEMAHAN
Dia sakabeh kudu marilih, supaya engka jaga pikeun hirup ka hareupna, jembar senang sugih mukti, bisa ngadegkeun deui Pajajaran.
Kamu semua harus hati-hati memilih, agar nanti di kehidupan mendatang mendapatkan kebahagiaan, makmur dan sentosa, agar bisa berdiri kembali Negara Pajajaran.

WANGSIT 3
TERJEMAHAN
Tapi lain Pajajran nu kiwari, tangtu Pajajaran anyar, anyar diadegkeunana, nu ngadegna digeuingkeun ku obahna jaman.
tapi bukan Pajajaran seperti sekarang, tentu Pajajran baru, baru didirikan, berdirinya tentu sesuai dengan perubahan zaman.

WANGSIT 4
TERJEMAHAN
Geura darengekeun ku dia sakabeh, ngaing moal dek ngahalang-halang, pikeun ngaing mah, henteu pantes jadi Raja, amun somah lara blangsak.
Segera pilih oleh kamu semua, aku tidak akan menghalang-halangi, sebab tidak pantas jadi Raja kalau kamu hidup lapar dan sengsara.


Sumber :
Hallobogor.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar